Bagi setiap pebisnis melakukan kegiatan periklanan menjadi salah satu syarat mutlak. Cara mengoptimalkan iklan Facebook menjadi salah satu langkah dalam memasarkan produk. Sebelumnya Anda perlu memasang atau install pixel Facebook pada situs yang Anda miliki sebagai langkah awal. Dengan memasang pixel Facebook ini dapat memungkinkan Anda dapat melihat segala macam yang terjadi dalam situs atau website Anda. Khususnya bagi setiap pengguna Facebook yang sedang membaca dengan cara membuka iklan pada Facebook Anda.

Anda juga dapat melacak setiap orang atau pengunjung yang sedang melakukan view atau pencarian situs tertentu . Hal ini secara otomatis dapat menambahkan item ke keranjang pengunjung tersebut, sehingga ketika pengunjung tersebut berniat untuk membeli produk-produk yang Anda jual dapat dilakukan dengan cara melakukan pengisian registrasi pendaftaran. Kemudian Anda dapat melakukan iklan juga dengan melakukan konversi yang terbaik.

Adanya dashboard pixel pada Iklan Manager website Anda dapat memberikan informasi kepada Anda mengenai segala kunjungan dan apapun yang terjadi dalam situs atau website Anda yang Anda miliki seperti misalnya adanya dua buah iklan yang dapat mencapai sebuah perhatian atau kesuksesan karena dapat menginspirasi banyak orang untuk mau mengklik ke website atau situs Anda.

Mereka semua ternyata memiliki dorongan untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Adanya pengetahuan mengenai cara mengoptimalkan iklan Facebook dapat membuat piksel Anda dapat lebih fokus menghitung anggaran dan berbagai macam skala usaha pada iklan yang memang dapat mencapai tujuan bisnis Anda. Tujuan bisnis tentunya ialah mendapat keuntungan, perluasan wilayah, dan dapat bersaing.

Cara mengoptimalkan Facebook saat beriklan

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan iklan di Facebook yaitu sebagai berikut:

1. Membuat Banyaknya Out Pemirsa Lookalike

Banyak pengguna Facebook yang pasti lebih sering menjadi pelanggan setia dan terbaik Anda sehingga tertarik untuk membeli produk Anda. Alasannya karena memang sudah banyak orang yang sudah mencapai kesuksesan untuk mencapai target ke semua kelompok masyarakat untuk menjangkau dan memperluas iklan yang dipasang melalui facebook. Facebook sangat membuka peluang yang besar bagi Anda untuk menjangkau semua kelompok masyarakat yang dalam hal ini ialah untuk membangun penuh jaringan lookalike.

Anda juga dapat membuat para pemirsa lookalike pada Facebook Ads Manager atau Daya Editor. Para pengguna facebook dapat memasuki menu penciptaan mengenai Iklan Facebook Manager. Berbagai pilihan dapat Anda gunakan sebagai sumber penonton asli yang mendasarkan penonton lookalike facebook Anda. Anda juga dapat memperhitungkannya dengan cara melihat pengguna yang mengklik iklan yang sudah Anda pasang atau tertarik untuk menginstal aplikasi yang Anda buat. Bahkan setiap pengguna facebook dapat mengklik dengan menjadi penggemar Fanpage atau halaman Facebook Anda, kemudian mengklik iklan dan menyelesaikan sebuah tindakan tertentu pada situs atau website Anda.

Pemirsa lookalike dapat memberikan kemudahan bagi pengiklan di Facebook untuk menjangkau semua pemirsa dari berbagai lapisan dan kemudian memutuskan diri untuk menjadi pelanggan tetap pada seorang pebisnis.

Ketika Anda membuat banyaknya pemirsa lookalike dari berbagai kelompok orang atau pengguna facebook Anda yang telah berniat untuk mengklik iklan Anda. Anda juga dapat dengan mudah menjangkau semua orang yang sama dan tertarik pada setiap apa yang Anda tawarkan melalui iklan. Taktik yang dapat memungkinkan Anda untuk memperluas pelanggan ialah dengan cara yang jitu dan dapat mendapatkan lebih banyak lagi kesempatan untuk meningkatkan income Anda.

2. Mengubah Gambar Anda

Pada intinya tidak akan berpengaruh seberapa sukses iklan yang di pasang pada Facebook Anda, pencari iklan tetap akan merasa jenuh dan bosan dengan gambar yang itu-itu saja pada facebokk maupun iklan Anda. Sehingga ada baiknya Anda mengubah gambar iklan Anda dengan yang baru dan lebih segar. Berikan sentuhan inovasi dan kreasi sehingga banyak pengunjung yang semakin tertarik.

Seperti contohnya jika ada sebuah iklan yang memberikan penawaran pada setiap pengguna Facebook untuk membeli produk yang dijual dengan diskon 10% off maka Anda memakai gambar dengan berbagai macam pilihan kartu voucher. Iklan yang baik tentunya akan memakai promosi yang menggunakan pilihan waktu agar calon pembeli mau membeli dalam kurun waktu tertentu dengan memilih berbagai macam pilihan produk. Bisa jadi dalam satu iklan memberikan penawaran pada diskon yang bernilai sama, tetapi dapat menggunakan gambar dengan keterangan waktu diskon yang berbeda.

Bisa juga dengan menggunakan iklan dengan gambar yang lain pada satu produk untuk mempromosikan adanya potongan harga bagi calon pembeli, tetapi memakai gambar yang unik sehingga mempengaruhi calon pembeli untuk tertarik membeli produk Anda.

Jika Anda menggunakan komponen facebook sebagai tempat iklan Anda harus membuat iklan yang Anda buat memiliki gambar yang menarik sehingga setiap pengunjung mau membuat keputusan untuk membeli produk Anda. Gambar yang digunakan juga bisa jadi dengan kombinasi warna tertentu, background yang cantik, atau model yang bertubuh elegan sehingga menarik banyak orang untuk membeli produk Anda melalui nomor panggilan yang disematkan dalam iklan tersebut sehingga proses pembelian bisa lebih efektif dan dipastikan iklan dengan facebook Anda menjadi lebih sukses.

3. Memakai Iklan Conquer dan Iklan Carousel

Apabila pengunjung iklan merespon serangkaian yang Anda buat dalam mengiklankan gambar dengan produk tertentu, maka Anda juga bisa melakukan kombinasi dengan menggabungkan semua gambar ke dalam sebuah iklan yang membentuk korsel tunggal atau tergabung menjadi satu.

Iklan dengan penggunaan gambar ini mungkin masih baru dan dampak positifnya ialah membuat pengunjung mampu melihat berbagai item atau produk yang Anda jual dengan melihat satu jenis gambar atau iklan.

Apabila Anda mempunyai gambar produk yang sudah banyak disukai dan dilihat banyak orang. Dan sebagian besar memberikan dampak pada penjualan, maka Anda juga bisa mulai menambah membuat iklan dalam satu korsel untuk berbagai macam produk yang ada. Semua pelaku bisnis e-commerce memang dapat melakukan segala inovasi dan percobaan membuat berbagai macam iklan.

Iklan yang kreatif memang sangat baik untuk media penjualan produk dan bermanfaat sekali sebagai pelengkap atau pencapaian target ulang untuk menarik para pelanggan yang sudah mau mengunjungi situs atau website Anda dan melihat mana pengunjung dan mana pembeli.

4. Menggandakan Iklan di Instagram dan Facebook

Pengetahuan yang harus Anda miliki sebagai pebisnis yang ingin beriklan dengan facebok ialah membuat keterkaitan instagram dengan facebook. Jadi setiap produk yang Anda masukkan ke instagram secara langsung juga masuk ke dalam facebook. Setali tiga uang Anda dapat mencari pembeli melalui instagram dan facebook. Penggunaan iklan dengan media ini dapat memperluas kampanye iklan dengan Facebook sehingga menghasilkan kesuksesan Anda dalam mencapai peningkatan penjualan dan menarik perhatian para pelanggan potensial.

Nah Demikianlah cara mengoptimalkan iklan Facebook agar menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan pelanggan baru dan membuatnya kembali dengan cara mengoptimalkan fitur iklan Google Adwords. Terima kasih ...

ADVERTISE