Ular merupakan salah satu binatang liar yang banyak ditakuti oleh siapa saja. Bahkan ancaman kematian menjadikannya sebagai binatang yang terhempas dan seringkali dibunuh atau dibuang saat terlihat oleh manusia. Tetapi tidak bagi Anda yang memiliki jiwa usaha. Terbesitkah kalian bahwa ular kobra dapat menjadikan rekeningmu gendut? Tak pernah terpikirkankah sobat bahwa ular kobra dapat mendatangkan rezeki?

Pada faktanya sudah banyak sekali peternak ular kobra yang justru sukses meraub banyak keuntungan. Meski rasanya begitu mengerikan dan beresiko tinggi. Tapi kalau sobat mau berpikir ulang dengan kondisi rekening yang panas atau istilahnya dapur ngebul. Sobat bisa coba analisa usaha ternak ular kobra. Pastikan terlebih dahulu apakah keuntungan yang didapat sebanding dengan kesulitan yang sobat alami. Biasanya memang pengusaha yang berani ternak ular kobra karena sebelumnya sudah suka mengoleksi hewan melata. Ular kobra memang banyak menjadi primadona karena harga jualnya terbilang lebih tinggi disbanding jenis ular lainnya.

Ular kobra bisa dimafaatkan kulitnya sebagai bahan pembuatan tas, sepatu, dompet, dan lainnya. Sedang empedunya bisa diolah juga untuk dijadikan beberapa obat. Sebagian besarular kobra juga diekspor ke luar negeri seperti misalnya ke Taiwan dan Hong Kong. Memang daya beli masyarakat di Indonesia akan ular kobra bisa dibilang lebih sedikit. Tapi justru dengan ular kobra ini lah banyak pebisnis yang meraih banyak keuntungan karena mampu menembus pasar ekspor.

Jika berbicara keuntungan memang kita perlu memncari referensi mengenai analisa usaha ternak ular kobra dan bertanya pada yang lebih ahli.

Perkiraan Modal Usaha Ternak Ular Kobra


Setiap orang yang berniat untuk mendirikan usaha tentu saja karena menginginkan untuk mendapat banyak keuntungan. Ular kobra dapat dipelihara selama 90 hari atau 3 bulan kemudian sudah bisa dipanen. Tapi sayangnya keuntungan juga tidak dikelola dengan baik justru bisa membuat para pebisnis mengalami kebangkrutan. Maka perlunya sebuah perkiraan sebelumnya. Perkiraan di sini bukan melulu harus tepat angkanya, tapi setidaknya sudah dipersiapkan sebelumnya. Mari coba perkirakan analisa usaha ternak ular kobra yang dapat Anda jadikan acuan sebagai berikut:
  • Harga satu ekor ular kobra induk jantan dan betina sekitar Rp 600.000 per ekor X 2 jadi Rp 1.200.000. 
  • Kandang berukuran 3x2 meter harus berdinding kuat, beratap kuat, dan beralas halus seharga Rp 3.000.000,00. 
  • Ruang inkubasi dengan harga Rp 2.000.000 
  • Media telur dan peralatan lainnya Rp 1.500.000 
  • Makanan ular hanya beberapa minggu sekali katakan lah Rp 2.000.000 
Total dari modal usaha ternak ular ialah Rp 9.700.000 selama 3 bulan atau 90 hari sudah bisa dipanen.


Perkiraan Keuntungan yang Didapat dari Usaha Ternak Ular Kobra


Sepasang ular kobra bisa menghasilkan 10 telur hingga 100 telur. Jika dirawat dengan baik dan maksimal maka akan menghasilkan keuntungan 100 ekor X 100.000 = Rp 10.000.000 selama 3 bulan modal Anda sudah kembali dan 3 bulan berikutnya keuntungan Anda akan bertambah lagi Rp 10.000.000,00 dari 1 pasang induk jantan dan betina. Jika Anda menjadikan beberapa induk untuk dikawinkan juga tinggal mengalikan saja. Pada intinya keuntungan usaha ternak ular kobra akan dapat Anda rasakan setelah 6 bulan berikutnya dan bisa bertambah berkali-kali lipat. Karena satu induk saja bisa bertelur begitu banyak.

Tips Menjalankan Usaha Ternak Kobra Agar Berhasil

1. Buatkan Kandang yang Kuat dan Nyaman
  • Kandang ular kobra sebaiknya dibuatkan dinding dan atap yang kuat, aman, dapat dilihat dari luar sehingga tidak ada ular yang keluar dari kandang. Ada baiknya dibuatkan lantai yang halus dan bersih agar ular bisa bergerak bebas. 
  • Kandang ular kobra juga sebaiknya dilengkapi dengan papan, pohon, bebatuan, dan kayu untuk memenuhi perilakunya yaitu melingkar, bersembunyi, memanjat, dan kamuflase atau penyamaran kulit.
  • Kandang juga harus diberikan tambahan lampu UV agar sebagai pemenuhan sinar ultraviolet dan tercukupinya vitamin D3 terpenuhi.
  • Kandang ular kobra juga perlu dilengkapi dengan kolam berendam agar kelembapan tubuh tetap terjaga. Bersihkan kandang dan peralatan ular setiap 24 minggu sekali agar kesehatan tetap terjaga.
2. Pemberian Makanan yang Tepat
  • Berikan makan ular dengan telur rebus, ikan, daging, dan ayam potong yang sudah dibersihkan bulunya. Hindari memberi makan langsung dari genggaman tangan tapi dengan bambu yang cukup panjang agar tidak berbahaya.
  • Berikan makan sesuai usia ular muda dan dewasa selama 12 kali seminggu, sedangkan ular tua 36 minggu sekali.

3. Jaga Kesehatan Ular dan kenali Beberapa Tanda Ular yang Sehat
  • Kulit dan sisik ular terlihat mulus, dan mengkilap.
  • Gerakan merayap dengan cara bergelombang dengan berurutan.
  • Mata ular terlihat jernih.
  • Lidah ular bergerak lebih lincah.
  • Kenali ular yang tidak mau makan biasanya karena sedang ganti kulit, hamil, kegemukan, musim kawin, memiliki penyakit, suhu lingkungan yang terganggu. Ular yang tidak mau makan bisa diberi dengan makanan hidup atau mangsa ke dekat lubang hidung, lidah, dan mulut. Berikan makan ketika malam hari.
  • Perhatikan ular yang susah buang air besar dengan cara memasukkan ular ke dalam air hangat selama 12 hari. 

5. Perhatikan Pembiakkan Ular Kobra

Perhatikan jenis kelamin ular. Pakai lah kayu kecil yang tumpul dengan menekan pada bagian kloaka ular kobra dan jika ditemukan tonjolan berarti merupakan ular berkelamin jantan. Sebab ular betina tonjolannya hanya berukuran kecil.

6. Perhatikan Proses Penetasan Ular

Telur ular dapat ditetaskan dengan cara buatan menggunakan mesin penetas telur. Inkubator suhunya kira-kira 2527 C dengan kelembabannya 7585%. Pakai lah thermometer untuk mengukur suhu.

Kesimpulan : 

Kesimpulan dari usaha ternak ular kobra pada intinya membutuhkan keberanian, tekad, dan ketekunan. Sebab memelihara hewan liar ini memang sangat berbahaya dan beresiko sangat tinggi. Dengan perkiraan modal Rp 9.700.000,00 selama 3 bulan sobat sudah balik modal sebanyak Rp 10.000.000,00. Selama 3 bulan berikutnya atau bulan ke lima sudah bertambah lagi Rp 10.000.000,00. Bisa bertambah berkali-kali lipat jika sobat mengawinkan beberapa induk ular kobra. Keuntungan yang didapat memang sangat menggiurkan sebanding dengan resiko dan bahayanya. Sebab jika salah perlakuan atau salah penanganan ular kobra bisa jadi menerobos celah dan keluar dari kandang dan bisa memangsa siapa saja.

Selain itu jika pemberian makannya tidak hati-hati juga sangat beresiko terkena gigitan. Maka dari itu pentingnya analisa usaha ternak ular kobra sebagai dasar sebelum sobat memulai usaha.Namun bila anda menginginkan analisa usaha lain, Anda bisa membaca analisa modal dan keuntungan ternak sapi yang tidak kalah menariknya. Terima kasih ...

ADVERTISE