Memiliki bisnis pribadi mungkin menjadi salah satu impian banyak orang. Menjalankan usaha sendiri sesuai keinginan hati, tanpa harus terpatok pada aturan perusahaan dan tugas dari atasan. Tapi usaha apa yang bisa dengan mudah dikerjakan dan modalnya tidak terlalu besar. Keuntungan yang didapat juga lumayan dan menggiyurkan.

Salah satu jenis usaha yang bisa jadi pilihan bagi Anda adalah bisnis cuci helm. Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini hampir setiap orang memiliki helm. Sebuah sumber menyebutkan bahwa pada tahun 2010 sepeda motor merk tertentu mampu menjual 3,42 juta unit dari total 7,6 juta unit pertahun.

Dengan naiknya daya beli motor di kalangan masyarakat, secara otomatis, pemakaian helm juga meningkat. Setidaknya 2x lipat dari jumlah kendaraan bermotor. Ditambah lagi dengan peraturan pemerintah untuk menggunakan helm stAndar SNI saat berkendara, sudah dapat dipastikan peluang bisnis cuci helm akan semakin pesat ke depannya.

Secara tegas penegak keamaan akan memberikan surat tilang bagi pemakai helm proyek. Banyak masyarakat masih menganggap helm ini nyaman dipakai dengan alasan praktis tidak akan kotor karena tidak ada busa di dalamnya.

Namun disadari atau tidak hal ini jelas salah kaprah karena dilihat dari segi keamanan, helm jenis ini sangat tidak memenuhi stAndart. Helm StAndart Nasional Indonesia harus menutup bagian kepala, kepala dan bahkan leher, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan di jalan raya.

Analisa Modal dan Keuntungan Usaha Cuci Helm


Peluang usaha cuci helm ini bisa dibilang sangat baik karena belum banyak yang melakoni bisnis ini. Kesuksesan bisa Anda raih dengan membuka salon cuci helm. Apalagi bila bisnis yang Anda jalankan berkembang pesat dan bisa membuka cabang di beberapa kota.

Bila di asumsikan total jumlah usaha cuci helm sekitar 2000, dengan pengguna helm 100.000.000. 50% dari pemakai helm ini secara rutin mencuci helm satu bulan sekali. Jika satu usaha mencuci 500 helm maka dibutuhkan 100.000 penyedia jasa. Sedangkan perkiraan jumlah jasa cuci helm hanya berkisar 2000. Hal ini menunjukkan bahwa peluang bisnis salon helm masih sangat besar.

Dana yang dikeluarkan untuk memulai usaha cuci helm tidak terlalu banyak dibanding usaha lainnya. Bermodalkan ruangan 2m x 2m terbuka maupun tertutup, usaha ini bisa dilakukan. Beberapa jasa cuci helm hanya berada di parkiran motor dengan atap tenda plastik untuk meminimalkan pengeluaran.

Biasanya, usaha cuci helm juga melayani jasa penitipan helm dan jual aksesoris perlengkapan bermotor, seperti sarung dan masker. Dengan tambahan usaha ini keuntungan juga akan bertambah.

Mari kita lakukan analisa modal dan keuntungan usaha cuci helm yang bisa Anda dapat dengan menekuni bisnis ini:

Untuk satu helm konsumen membayar jasa Rp 12.500, sedangkan untuk biaya cuci satu helm sekitar Rp 3000,- dengan pernghitungan detail sebagai berikut:
  • Listrik Rp 425,- 
  • Air Rp 300,- 
  • Sabun Rp 275 
  • Karyawan Rp 2500,- 
  • Total 1 helm Rp3000,- 
Satu helm saja, Anda bisa mendapatkan keuntungan Rp 9.500,-. Mari lakukan perhitungan keuntungan satu bulan. Jika satu hari diasumsikan ada sedikitnya 15 helm yang dicuci di tempat usaha Anda.

25 hari x 20 helm x Rp 9.500,- = Rp 4.750.000,-

Itu tadi analisa modal dan keuntungan usaha cuci helm untuk 20 buah. Bayangkan jika lebih dari 20 helm yang dicuci, misalnya 40 helm atau 50 helm. Laba yang di dapat akan semakin berlipat. 25 hari x 40 helm x Rp 9.500,- = Rp 9.500.000,- atau 25 hari x 50 helm x Rp 9.500,- = Rp 11.875.000,-

Ada pula jasa cuci helm yang menarik tarif lebih tinggi sekitar Rp 30.000 hingga Rp 40.000,- untuk helm khusus dan servise lebih seperti penjemputan dan pengantaran helm, serta menambahkan pack pembungkus manis dan memberikan cindra mata aksesoris berkendara seperti masker, sarung tangan, dan lain sebagainya.

Apabila keuntungan yang Anda dapat sudah banyak, ada baiknya untuk membeli mesin cuci helm agar proses mencuci lebih cepat dan bersih. Ada beberapa hal yang membuat pemakai helm tidak mau menggunakan jasa cuci helm karena sebagai berikut:
  • Masyarakat tidak tahu tentang pentingnya kebersihan helm yang berhubungan dengan kesehatan. 
  • Pengguna jasa cuci helm kapok mencuci helm karena spon dicuci dengan air hingga rusak dan tidak enak lagi dipakai. Hal ini terjadi karena pencucian secara manual tidak pakai mesin. 
  • Harus menunggu lama sehingga memakan banyak waktu. 
  • Harganya mahal untuk masyarakat yang kurang memahami pentingnya kesehatan. 
  • Bau helm jadi apek karena kering tidak maksimal. 
  • Ada noda yang tidak hilang saat dicuci. 
  • Helm jadi gatal karena tidak kering seutuhnya jadi bakteri semakin berkembang biak. 
  • Bantalan spon menjadi keras karena dicuci dengan shampo biasa. 

Beberapa hal yang disebutkan di atas bisa terjadi karena proses pencucian helm secara manual. Dengan modal yang tidak terlalu besar, banyak pengusaha cuci helm menggunakan cara manual untuk mencuci helm. Selain memakan waktu yang lama, banyak kekurangan lainnya jika dilakukan secara manual sepertu ditulis di atas.

Untuk itu, saat usaha sudah berkembang pesat, akan baik jika melakukan pergantian dari sistem manual menjadi sistem mesin. Atau Anda bisa mengajukan kredit usaha. Bahkan Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk membeli mesin pencuci helm.
Dengan bunga 3% setiap bulan. Pembayaran kartu kredit bisa dilakukan seperti berikut.

Satu hari diasumsikan mencuci 20 - 25 helm. Laba bersih mencapai 5 – 6 juta untuk 25 hari kerja. Diambil setengah 2,5 juta untuk membayar kredit mesin cuci helm, masih ada penghasilan 2,5 juta yang bisa digunakan.

Harga mesin cuci helm sekitar Rp 12.000.000 hingga Rp 15.000.000. Ditambah dengan bunga 3%. Apabila setiap bulan Anda menyisihkan 2,5 juta dari keuntungan bersih, maka dalam jangka waktu kurang dari 7 bulan, pinjaman sudah bisa lunas.

Keuntungan Mencuci Dengan Mesin


Keuntungan sebuah usaha tidak hanya diukur dengan uang yang dihasilkan, akan tetapi keuntungan sebuah usaha termasuk usaha cuci helm meliputi :
  • Lebih cepat proses pencucian. Kurang dari 15 menit 
  • Pengeringan akan maksimal karena menggunakan alat canggih 
  • Menggunakan shampo khusus sehingga tidak apek dan pengharus bisa secara maksimal disemprotkan tanpa perlu takut tidak kering 
  • Pembersihan noda bisa maksimal 
  • Bantalan spon akan terjaga, tidak akan keras dan berkurang kadarnya 
  • Bakteri akan dibersihkan dengan maksimal karena mesin mampu menjangkau bagian terdalam dari helm 

Analisa modal dan keuntungan usaha cuci helm yang sudah di jelaskan di atas semoga bisa menjadi acuan bagi Anda yang ingin memulai usaha khususnya salon cuci helm. Tapi yang terpenting dalam sebuah bisnis adalah ketekunan, komitmen dan kerja keras. Hal tersebut akan membuahkan hasil dan keuntungan melimpah. Bila Anda mencari Analisa usaha lainnya, silahkan membaca Analisa modal dan keuntungan usaha salon kecantikan yang telah saya tulis sebelumnya. Semoga bermanfaat ...

ADVERTISE