Siapa suka makan ayam goreng kriukkk? Jika ya, tunjuk jari. Pasti banyak sekali, bahkan berdiri begitu banyak penjual ayam fried chicken di jalan-jalan. Bukan hanya di kota besar, di mall, bahkan diperkampungan saja sudah banyak sekali kedai berbagai jenis fried chicken ini. Ya, memang benar ayam negeri memang jenis ayam yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Bahkan sudah menjadi konsumsi semua kalangan yang ada di Indonesia. Dari prospek yang seperti ini, berpikir kah Anda dengan peluang usaha ternak ayam negeri?

Anda bisa memulai usaha sedini mungkin dengan ide yang ada di sekitar kita. Salah satunya dengan menjadi peternak ayam negeri. Kebutuhan dari para penjual ayam goreng dari kelas restaurant hingga kaki lima merupakan sasaran dari usaha ini. Tertantangkah Anda untuk mulai memperhitungkan peluang usaha ternak ayam negeri? Nilai plus jika Anda berniat untuk memulai usaha ternak ayam negeri ini adalah masa panen yang begitu cepat yaitu hanya waktu 5 minggu hingga 6 minggu. Makanya banyak orang yang bergegas untuk menjadi pebisnis ternak ayam negeri yang bermunculan maupun pebisnis musiman.

Perkiraan Modal Usaha Ternak Ayam Negeri 


Modal Tetap Usaha Ternak Ayam Negeri
  • Kandang dengan ukuran sekitar 3x3 meter = Rp 600.000 x 5 buah = Rp 3.000.000 
  • Tempat pakan ayam = Rp 10.000 x 10 tempat = Rp 100.000
  • Tempat minum ayam = Rp 10.000 x 10 tempat = Rp 100.000
  • Lampu pencahayaan = Rp 8.000 x 4 = Rp 32.000
  • Total modal tetap = Rp 3.232.000,00
  • Terjadinya penyusutan setelah modal awal dipakai selama 1 tahun dengan perhitungan 1/12 x 3.232.000 = Rp 269.000 

Modal Operasional Ternak Ayam Negeri
  • Anak ayam = Rp 7.000 x 200 ekor = Rp 1.400.000
  • Tambahan pakan konsentrat = 5 Kg x 5 karung = Rp 2.000.000
  • Obat-obatan = Rp 150.000
  • Pembiayaan listrik = Rp 150.000
  • Total modal opersional = Rp 3.700.000 
  • Modal operasional + biaya penyusutan = 3.700.000 + 269.000 = Rp 3.969.000 

Analisa Keuntungan Usaha Ternak Ayam Negeri


Keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika serius menekuni usaha ternak ayam negeri ialah sebagai berikut:
  • Harga ayam per ekor = Rp 38.000 x 200 = Rp 7.600.000,00 
Penghasilan Anda dalam menjual usaha ternak ayam negeri dengan penghasilan sebanyak Rp 7.600.000,00 dengan modal selama 5 sampai 6 minggu perawatan yaitu sebesar Rp 3.969.000,00, jadi keuntungannya ialah Rp 3.631.000,00. Keuntungan ini setidaknya juga sudah mengembalikan semua modal Anda termasuk modal tetap Anda. Jadi pada panen yang kedua, Anda sudah seutuhnya mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat. Bagaimana sobat apakah Anda tertarik? Memang itu lah pentingnya jika kita mau merencanakan peluang usaha ternak ayam negeri.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Ternak Ayam Negeri


Seorang pengusaha tentunya harus mulai banyak membaca, melihat, dan mendengar segala macam urusan pasar. Baik itu pesaing, permintaan pasar, perbaikan kualitas usaha, dan lain sebagainya. Ada beberapa tips sukses yang dapat membuat Anda lebih mudah meraih kesuksesan dalam proses menjalankan usaha ternak ayam negeri ini yaitu sebagai berikut:

1. Perawatan Kandang

Ada baiknya Anda memperhatikan ukuran kandang dengan pencahayaan matahari yang bisa leluasa masuk ke dalam kandang. Kebutuhan kandang dengan pencahayaan matahari atau pun sinar lampu ialah untuk menjaga ruangan tetap terasa hangat sehingga ayam bisa lebih sehat. Pastikan Anda memiliki kemudahan akses sumber air sehingga untuk minuman ayam tidak segan-segan segera diisi ulang. Sumber listrik juga harus lancar dan bisa memberikan pencahayaan lampu ketika malam hari sehingga ayam tetap merasa hangat walau sudah malam hari. Berikan tambahan adanya alat penghangat ayam, penyekat, dan litter. Pastikan setiap kandang dipenuhi dengan tempat makan serta minumnya yang sesuai.

2. Perhatikan Suhu

Cirikhas dari ayam negeri ini ialah saat waktu 14 hari pertama harus memberikan perhatian yang lebih intensif agar anak-anak ayam mampu bertahan hidup dan memiliki suhu yang tepat. Bisa dilihat jika anak-anak ayam itu bergerombol atau tidak. Jika bergerombol, maka menunjukkan bahwa anak ayam tersebut kurang merasaha hangat.

3. Pemberian Obat

Pastikan kondisi ternak ayam negeri Anda terbebas dengan segala bentuk penyakit dengan memberikan vaksinasi dengan periode hari ketujuh, keempat belas, dan kedua puluh satu. Semua ini merupakan upaya untuk menjamin kesehatan dari ayam itu sendiri sehingga terhindar dari segala bentuk penyakit seperti misalnya flu burung. Ada baiknya juga ternak ayam Anda itu diberikan antibiotic dan vitamin dengan cara mencampurnya dengan minuman ayam jika umur ayam sudah pada hari kelima hingga kesepuluh masa panen. Bahkan vitamin ini bisa diberikan pada waktu-waktu yang dekat dengan masa panen.

4. Kebutuhan Pakan

Apabila Anda sudah melalui 14 hari untuk mengurus kesehatan ayam, Anda sudah lumayan santai karena tugasnya hanya untuk mengecek persediaan makanan ayam ketika habis. Pastikan berikan makan yang sesuai dengan kebutuhan jenis ayam negeri.

5. Promosi yang Menarik

Ada baiknya Anda menawarkan potongan harga bagi setiap penerima ayam negeri Anda dengan jumlah banyak. Semua ini dapat dilakukan agar semua merasa diuntungkan dan ternak Anda bisa dijadikan langganan juga lho.

Usaha ternak ayam negeri memang merupakan usaha yang memuaskan. Dari segi perawatannya juga tidak begitu ribet. Terlebih waktunya yang cukup singkat yaitu hanya 5 minggu sampai 6 minggu Anda sudah dapat memanen usaha ternak ayam negeri ini. Bahkan sekali penghasilan untungnya langsung kembali modal. Jadi untuk dua kali panen modal tetap Anda pun bisa kembali juga. Setelah itu Anda bisa dengan leluasan terus menjalan usaha ternak ini dan mulai menikmati keuntungannya dengan penuh sukacita.

Kesimpulan :

Inilah pentingnya kita memperhatikan segala macam kerepotan dan kebutuhan yang ada sebelum memutuskan untuk membuat usaha. Makanya peluang usaha ternak ayam negeri mampu memberikan pedoman kita untuk menjalankannya dengan ikhlas. Simpulannya dengan modal tetap Rp 3.232.000,00, biaya operasional sekitar Rp 3.969.000,00 dapat membawa penghasilan sebanyak Rp 7.600.000,00 dengan keuntungannya sebanyak Rp 3.631.000,00. Jadi per 5 sampai 6 minggu Anda sudah mendapatkan keuntungan bersih sebesar itu. Setelah mengetahui hasil analisa usaha ayam negeri, pastikan anda juga membaca analisa modal dan keuntungan usaha ayam petelur yang tidak kalah menggiurkan. Terima kasih ...

ADVERTISE