Pernahkah anda mengalami musibah kehilangan kartu ATM ? Disaat kartu ATM yang kita miliki tersebut itu hilang tentunya kita tidak dapat melakukan aktifitas penarikan atau transfer uang melalu mesin ATM. Bukan hanya itu saja, perasaan yang kita alami disaat kartu ATM kita hilang adalah resah dan gelisah sebab memikirkan jika kartu ATM tersebut ditemukan oleh orang yang bisa menerka atau mengetahui pin ATM kita, maka hilanglah uang yang kita miliki.

Oleh sebab itu, jika disaat kartu ATM anda hilang, alangkah baiknya anda tidak menunggu waktu untuk segera mengurusnya. Ada beberapa tips dan cara pengurusan kartu ATM hilang yang perlu anda lakukan. Diantaranya sebagai berikut :


Cara Cepat Mengurus Kartu ATM Yang Hilang

Berikut beberapa cara yang perlu anda lakukan untuk mengurus kartu ATM yang hilang.

1. Langsung menghubungi CS (Costumer Service) Bank melalui layanan telepon

Cara paling utama untuk mengurus kartu ATM yang hilang adalah menghubungi langsung CS (costumer service) bank melalui telepon. Bank apapun itu pasti memiliki no pengaduan yang bisa anda cari melalui Google.

Tujuan menghubungi costumer service bank adalah dengan meminta pemblokiran kartu ATM, agar kartu ATM yang hilang tersebut tidak dapat digunakan meskipun pinnya diketahui oleh orang yang menemukannya.

2. Datang Langsung Ke Bank Yang Bersangkutan

Jika cara pertama diatas tidak berhasil, anda bisa datang langsung ke Bank yang bersangkutan. Akan tetapi, sebelum anda ke Bank sebaiknya anda menyiapkan beberapa persyaratan pengurusan kartu ATM yang hilang, diantaranya :
  • Persiapkan Buku Tabungan 
  • Persiapakan KTP / Foto Copy KTP 
  • Datang dan buat surat permohonan kehilangan di kantor kepolisian. 
Jika syarat diatas telah anda persiapkan, tidak butuh waktu lama pihak bank untuk menerbitkan kartu ATM yang baru sebagai pengganti kartu ATM yang hilang.

Saya sendiri pernah kehilangan kartu ATM, karena pada saat itu saya menyimpannya dalam saku dan lupa memasukkan kembali dalam dompet . Disaat saya keluar rumah untuk beraktifitas, akhirnya jatuh dan hilang entah kemana. Beruntungnya, saya cepat melakukan tindakan yang telah saya paparkan diatas.

Tips Agar Kartu ATM tidak mudah hilang


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kartu ATM itu terbilang barang yang berukuran kecil sehingga mudah saja hilang. Untuk itu agar tidak mudah kehilangan kartu ATM, sebaiknya kethaui beberapa tips yang ada dibawah ini :
  • Jika berada dirumah, pastikan kartu ATM tidak disimpan disembarangan tempat 
  • Pastikan kartu ATM disimpan dalam Tas atau Dompet. 
  • Hindari menyimpan kartu ATM dalam saku, sebab bisa saja kartu ATM tersebut jatuh disaat anda melakukan aktifitas. 
  • Disaat melakukan transaksi di mesin ATM, pastikan anda telah mengambil kartu ATM jika anda selesai melakukan transaksi. 

Nah, demikianlah tips dan cara mengurus ATM yang hilang dan sebenarnya pernah saya lakukan sendiri dan berhasil mendapatkan kartu ATM yang baru.

ADVERTISE

Next Post
Oldest Page