Dewasa ini terus berkembang pesat dunia marketing atau pemasaran online. Pemasaran online lebih kepada aktivitas pemasaran produk dan jasa dengan media internet. Agar menuai hasil yang maksimal, kegiatan pemasaran online dapat dilakukan dengan cara-cara ampuh. Ampuh di sini ialah menjadikan strategi pemasaran online menjadi lebih efektif dan efisien.

Pemasaran online sebenarnya merupakan terobosan paling jitu untuk segera menjual ludes barang dagangan tanpa kenal ruang dan waktu. Pemasaran melalui dunia nyata akan sangat terbatas gerak, ruang, dan waktunya. Ibarat kita menjual nasi uduk di perempatan. Bisa dibilang pembelinya sudah tertebak yaitu warga sekitar dan orang-orang yang melewati jalan itu. Memang menjual dagangan di perempatan bisa dibilang berada di tempat strategis. Tapi penyebaran pelanggannya tentu akan sangat terbatas.

Perbandingannya jika dengan strategi pemasaran online, melalui dunia maya. Anda hanya perlu membuat berbagai macam penawaran melalui poster, artikel, website, email, sosial-media, dan lain sebagainya agar pengguna dunia maya juga mudah mengerti produk apa yang Anda jual. Buat artikel dengan kalimat-kalimat yang menggugah pembeli untuk segera memesan barang dagangan Anda akan lebih membuat sistem promosi ini berhasil. Dengan mudahnya Anda akan begitu mudah menemukan pembeli dengan macam-macam latar belakangnya masing-masing. Bahkan permintaan akan produk Anda bisa jadi sampai ke luar negeri juga.

Jika dirujuk dari asal kata melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia, efektif memang diartikan sebagai sesuatu yang membawa dampak yang berhasil, sedangkan efisien berarti tepat guna atau tidak mengeluarkan banyak waktu dan biaya. Pada intinya strategi pemasaran online yang paling ampuh ialah strategi yang dapat mencapai target tanpa harus mengeluarkan banyak pemborosan. Untuk mencapai keefektifan dan keefisienan pemasaran online, lakukanlah 7 cara berikut:

#7. Riset Barang atau Jasa dan Peluang Pasar


Sebelum memulai online marketing ada baiknya Anda perhatikan barang dan jasa apa yang sesuai dengan peluang pasar. Pangsa pasar akan membuat Anda lebih percaya diri bahwa barang atau jasa yang ditawarkan akan laku keras di tengah masyarakat. Riset mengenai peluang pasar ini memang sangat penting untuk melihat sejauh mana daya saing yang ada, sehingga Anda bisa memberikan barang atau jasa yang unik atau dianggap memiliki nilai lebih.

Misalnya saja Anda ingin menawarkan ayam goreng, riset pasar yang dapat Anda lakukan ialah memastikan berapa banyak penjual ayam goreng terkenal di daerah tempat jualan Anda. Jika Anda melihat bahwa daya saingnya tidak begitu kentara, maka lakukan riset pasar kedua. Riset peluang pasar yang kedua ini untuk menentukan sikap Anda bagaimana menyediakan ayam goreng yang lebih enak, khas, murah, dan sehat?

Apabila Anda tidak yakin bahwa dagangan Anda tidak memiliki nilai lebih dan daya beli yang besar di tengah masyarakat, ada baiknya Anda mundur. Selanjutnya Anda berusaha melakukan riset pangsa pasar untuk barang atau jasa lainnya. Jangan memaksakan diri untuk berbisnis ayam goreng jika Anda tidak memiliki penawaran ayam goreng yang memiliki cirikhas dan nilai lebih tersendiri. Jika dipaksakan tetap menjualnya, maka harapan Anda meraub keuntungan akan kandas, dan berganti dengan penderitaan kerugian.

Riset pangsa pasar akan banyak memberikan banyak pengetahuan kepada Anda tentang permintaan pembeli akan suatu barang atau jasa yang sedang digemari. Bahkan riset juga akan begitu detail membuat Anda lebih siap memulai bisnis. Banyak bisnis yang tidak bertahan lama dan hanya berumur jagung hanya dikarenakan kurangnya persiapan dan tidak kuat mental akibat persaingan di pasar yang begitu berat.

#6. Lihatlah Daya Beli Masyarakat


Apabila Anda sudah terjun ke lapangan untuk melakukan riset, Anda tidak hanya sedang berkeinginan untuk mendapatkan laba yang besar saja, tapi juga harus mencari tahu permintaan barang atau jasa bagi pembeli. Seperti misalnya daridapa Anda menjual paket ayam ingkung goreng madu seharga Rp 75.000,00 (dengan harapan keuntungan lebih besar), tapi faktanya daya beli masyarakat di sekitar Anda tidak sebesar itu, maka sekeras apapun Anda menjual ayam goreng mahal tersebut tidak akan dibeli. Hal ini terjadi sebab masyarakat faktanya lebih menyukai untuk membeli ayam potong penyet dengan harga kisaran Rp 10.000,00 hingga Rp 15.000,00.

Anda juga bisa menambah hasil riset dengan bertanya langsung kepada pembeli, berapa daya beli masyarakat untuk membeli ayam goreng tersebut, misalnya tetangga Anda memang benar menjawab lebih suka membeli ayam penyet potong dengan harga murah. Maka berusahalah untuk menawarkan ayam goreng penyet dengan harga terjangkau, sehingga akan lebih efektif dan tepat sampai ke sasaran pembeli, karena konsumen di sekitar Anda jelas mampu membeli ayam goreng yang murah meriah sebagai lauk favorit mereka. Jangan buang-buang waktu sehingga kurang efisien jika Anda memaksakan diri untuk menjual paket ayam ingkung goreng. Dari sini lah begitu pentingnya mencari tahu daya beli konsumen sebelum memasarkan makanan.

Daya beli juga akan sangat menentukan kecerdikan Anda untuk mencari bahan mentah yang akan Anda jual dengan produk yang sesuai. Misalnya saja daya beli masyarakat hanya mampu membeli ayam goreng seharga Rp 10.000,00 tentunya Anda akan berputar otak untuk mencari peternakan ayam potong dengan harga yang murah. Adanya strategi pemasaran online juga akan memudahkan Anda menemukan pemasok ternak dari segala penjuru dengan berbagai macam penawaran harga.


#5. Pandailah Memberikan Jawaban Bagi Konsumen


Ketika Anda menawarkan produk mengalami kendala pada calon pembeli yang mengeluhkan mahalnya harga barang atau jasa yang Anda jual, jangan terus kemudian Anda emosional dan cepat-cepat menurunkan harga. Anda dapat menggunakan contoh kalimat sebagai berikut:

“Bapak/ibu, harga yang Anda sebut mahal atau murah sebenarnya sudah relatif. Jika Bapak/Ibu membeli barang dengan harga murah maka kualitasnya juga seadanya dan tidak awet. Kalau mau dihitung dalam jangka panjang jatuhnya malah lebih banyak mengeluarkan biaya. Jadi lebih baik Bapak/Ibu membeli barang yang lebih berkualitas dengan menambah harga sedikit”.

Pastikan barang atau jasa yang Anda tawarkan merupakan produk penjawab masyarakat setempat, khususnya lebih luas karena juga menggunakan strategi pemasaran online. Misalnya saja sedang musim penghujan, ada baiknya Anda menawarkan produk baju penghangat tubuh, maka dijamin laku keras. Dibandingkan dengan ketika musim penghujan, Anda justru menjual celana pendek. Sebagai seorang penjual memang harus cerdik dalam menonjolkan barang dagangan mana yang sedang banyak dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Bisa jadi barang dagangan Anda justru laku pesat karena fungsinya.

Pada intinya Anda dapat menggunakan kalimat yang lebih halus dan sopan. Pastikan Anda tidak terlihat sedang menipu calon pembeli. Apabila harga yang Anda tawarkan lebih mahal dari harga di pasaran, maka jelaskan secara rinci mengapa barang atau jasa tersebut memiliki harga yang lebih mahal. Hal ini akan membuat calon pembeli lebih memahami dan yakin untuk membeli produk Anda.


#4. Menggunakan Media Email untuk Memasarkan


Apabila Anda sering mengunjungi website atau situs orang-orang Barat yang membahas tutorial, pasti Anda akan melihat adanya kotak email pada bagian sidebar dengan tulisan Follow by Email. Pasti Anda akan memasukkan alamat email Anda untuk menjadi subscriber, sehingga Anda memiliki notifikasi update terbaru dari website tersebut.

Apabila Anda berlangganan email dari situs tertentu maka setiap situs menayangkan informasi terbaru maka akan disebarkan melalui email bagi para subscribernya. Apabila Anda cerdik, di sini lah Anda dapat menjadikan pesan yang disebarkan melalui email berisi konten promosi barang atau jasa yang Anda jual. Cara ini lah yang disebut lebih efektif. Banyak e-book dan tutorial yang memberikan tips untuk memanipulasi feed pada sebuah kotak email pada suatu website dengan feed dari website lain sebagai aktivitas pemasaran.

Ilustarisnya begini, Anda memiliki 2 blog yang menggunakan platform Blogger. Blog 1 sebagai blog utama, dan blog 2 sebagai promosi. Saat pelanggan memilih untuk berlanggan update dengan memasukkan alamat email di Blog 1 Anda, maka sebenarnya Anda sudah mengubah subscriber untuk berlangganan update dari Blog 2. Jadi apabila Anda membuat postingan, artikel, atau konten promosi melalui pemasaran online di situs B, maka para followers akan mendapatkan email masuk mengenai kegiatan promosi Anda secara otomatis. Cara pemasaran online ini bisa disebut cara yang amat efektif dan efisien.

#3. Tentukan Kalimat Closing yang Sesuai


Kalimat closing merupakan suatu yang penting dalam dunia marketing online, sebab kegiatan pemasaran Anda akan ditentukan pada bagian ini. Bisa dilihat bahwa usaha promosi Anda akan sia-sia atau tidak. Apabila Anda mengalami kesalahan dalam membuat closing yang benar dan justru membuat calon pembeli terpojok, hasilnya akan sangat buruk.

Misalnya saja dengan menggunakan kalimat “Apakah Anda mau membeli sekarang atau besok?”. Ini termasuk kalimat yang memaksa. Bisa diganti saja dengan kalimat “Tentukan pilihan ya Bapak/Ibu, sebab promo untuk besok akan segera habis”. Teknik closing yang paling tepat ialah meyakinkan pembeli untuk segera memesan produk Anda secepatnya, sebab jika diulur banyak pembeli yang berpotensi berubah pikiran.

Kalimat closing memang sebaiknya diberitahukan jangka waktu diskon atau jangka waktu promo. Pembeli biasanya akan sangat tertarik untuk melihat barang dagangan dengan label diskon dan promo. Di sini Anda bisa menggunakan strategi naik-turun harga. Apabila Anda memang mau memberikan potongan harga, bisa jadi untuk jenis produk tertentu ada yang dinaikkan. Jadi tidak begitu kentara, seakan-akan semua sedang diskon.

Ada baiknya Anda juga memberikan penawaran lain misalnya jika pembeli memesan 5 jenis produk yang Anda jual maka diberikan potongan harga atau bebas ongkos kirim. Anda sudah pasti harus membedakan mana pembeli barang secara eceran atau grosiran. Maksud dari grosiran ialah saat pembeli mau memesan produk Anda dalam jumlah banyak. Sebagai penghargaan, sudah pasti Anda harus memberikan potongan pada pembeli. Pelanggan yang puas dengan membeli jumlah barang yang banyak akan cenderung membuat Anda menjadi langgangannya. Jadi ada baiknya jangan kecewakan pelanggan yang setia.


#2. Terus Melakukan Promosi Secara Silang


Promosi yang dilakukan dengan teknik silang dapat dilakukan dengan cara menawarkan produk lain yang masih sejenis dengan produk yang dijual. Apabila pembeli memilih untuk membeli jaket, ada baiknya Anda menawarkan bukan hanya macam-macam jaket saja melainkan juga dengan menawarkan sweater, kardigan, dan lain sebagainya. Pastikan barang atau jasa yang Anda tawarkan masih sejenis atau berhubungan. Jangan sampai orang ingin membeli jaket tapi malah Anda tawarkan handphone, itu sangat kontras dan berbeda jauh.

Promosi silang juga bisa diberikan dengan menunjukkan sejenis produk dengan warna lain. Jadi jika pembeli sedang mencari warna cerah, berikan saja contoh semua warna. Promosi silang juga dirasakan dengan menawarkan barang pasangan yang dibutuhkan. Misalnya saja seorang pembeli memesan sepatu, bisa ditawarkan juga kaos kakinya. Jadi setali tiga uang, pembeli bukan hanya saja membeli satu jenis barang tapi beberapa jenis barang yang berhubungan.

#1. Memberikan Layanan After Sales


Apabila Anda memilih untuk menjadi seorang internet marketer, maka Anda harus dapat menggunakan layanan After Sales. Seorang pelaku marketing online tidak lantas bebas tugas saat berhasil menjual barang atau jasa, melainkan juga perlu menonjolkan pelayanan ekstra dengan menawarkan segala macam produk yang dijual dengan berbagai macam cara juga.

Layanan after sales juga berhubungan dengan bagaimana Anda dapat memberikan bahwa produk yang Anda jual sudah baik kualitasnya. Anda juga harus berani mempertanggungjawabkan jika nanti banyak pelanggan yang komplain. Jadikan komplain pelanggan sebagai dasar rujukan saja, bukan berarti Anda harus menuruti semua complain dari para pembeli yang begitu beragam. Anda juga dipastikan harus terus mempertahankan kepercayaan pembeli kepada produk Anda. Kegunaan layanan after sales memang menjadi acuan bahwa marketing online bukan hanya saja membuat pembeli mau membeli produk yang Anda beli saja tapi segala kemungkinan yang terjadi ke depannya.

Setidaknya itu lah tujuh cara ampuh pemasaran online yang dapat Anda praktekkan. Bulatkan tekat untuk menjual berbagai macam barang dan jasa menggunakan media internet. Anda dapat melakukan marketing online dengan berbagai macam cara sesuai dengan teori pemasaran yang ada. Tapi jika Anda sepenuh hati melakukan 7 tips ini, dijamin Anda akan memiliki keuntungan yang meningkat drastis. Jangan kaget apabila permintaan produk Anda semakin hari semakin banyak.

Penggunaan sistem pemasaran online akan semakin membuat barang dagangan Anda tidak terbatas promosinya. Hanya dengan sambungan internet saja, dalam beberapa detik Anda bisa mendapatkan pembeli dengan jumlah banyak. Akan beda ceritanya dibandingkan dengan ketika Anda menjual barang dagangan di suatu tempat saja. Waktu yang harusnya dapat untuk mengembangkan berbagai macam produk malah harus habis dilapak penjualan Anda.

Tambahan juga bagi Anda, selain menerapkan 7 cara ampuh dalam pemasaran online, ada baiknya Anda juga mempromosikan produk yang Anda jual melalui Online Shop. Online Shop akan lebih meyakinkan pembeli bahwa Anda benar-benar serius menawarkan produk. Jadi jika sebelumnya Anda hanya memasarkan produk melalui media sosial seperti facebook, twitter, BBM, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mulai fokus membuat Online Shop.

Kesimpulan:

Pada intinya berbagai macam cara ampuh yang dapat diungkap untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pemasaran online, tak lantas membuat Anda harus berpuas diri. Anda harus terus tegar dan sigap dalam menghadapi berbagai macam tantangan yang ada untuk bertahan dan terus mencoba berbagai macam cara dalam marketing online.

ADVERTISE