Di Indonesia, bisnis jual beli mobil dan motor baru atau bekas sangat diminati oleh masyarakat. Bisnis ini sangat marak dan sudah dimulai sejak puluhan tahun lalu. Mulai dari skala kecil yang dijalankan dengan non profesional oleh perorangan atau yang biasanya Anda kenal dengan istilah makelar mobil dan motor, sampai yang dikelola profesional melalui kantor pelayanan.

Bisnis jual beli mobil dan motor termasuk bisnis yang potensial apabila Anda jalankan secara tepat, karena keuntungannya dapat mencapai angka 30% dari harga awal bahkan lebih. Melalui data penambahan kepemilikan kendaraan yang terus meningkat setiap tahun, Anda bisa menghitung berapa besar potensi dari bisnis ini.

Untuk memulai menjalankan bisnis jual beli mobil dan motor pun sebenarnya bukan hal yang mudah. Di sini Anda harus bersaing pada pasar kredit kendaraan yang semakin lihai dalam mematok harga yang semakin menggiurkan. Maka dari itu, jangan sampai Anda salah langkah yang akan mengakibatkan kerugian yang cukup besar, bahkan tidak sedikit yang sampai gulung tikar.

Prinsip kerja bisnis jual beli mobil dan motor memang hampir mirip dengan bisnis jual beli properti yang membutuhkan kesabaran serta modal yang relatif besar. Membutuhkan kesabaran karena memerlukan waktu untuk mencari, menjual kemudian menunggu pembeli mobil atau motor dengan waktu yang tidak singkat. Lalu, modal yang relatif besar karena harga per unit kendaraan yang Anda beli dan dijadikan persediaan barang, memiliki nilai puluhan bahkan ratusan juta rupiah tergantung jenis dan merknya.

Beberapa Alasan Mengapa Memilih Bisnis Jual Beli Mobil Dan Motor


Masyarakat pun banyak yang bertanya-tanya, apa saja keuntungan ketika menekuni bisnis jual beli mobil dan motor baru ataupun bekas ini?

Jika Anda juga penasaran dengan jawabannya, di bawah ini ada beberapa alasan yang bisa dijadikan pengetahuan untuk Anda, terutama masyarakat yang ingin mencoba memulai bisnis ini.
  • Tidak semua orang bisa menekuni bisnis ini karena biasanya hanya orang tertentu, yaitu yang memiliki modal dan pengetahuan otomotif saja yang dapat berpeluang besar untuk menggeluti bisnis jual beli mobil dan motor.   
  • Persaingan bisnis jual beli mobil dan motor yang tergolong masih sedikit karena hanya diminati oleh orang-orang tertentu yang mengetahui seluk beluk tentang kendaraan. 
  • Kecenderungan pada golongan masyarakat yang mempunyai uang banyak untuk mengikuti perkembangan mobil dan motor keluaran terbaru, sehingga biasanya mereka menjual kembali mobil dan motor lama, kemudian membeli mobil dan motor dengan model terbaru. Hal seperti ini tentu akan menguntungkan bagi para pelaku bisnis. 
  • Masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa angkutan umum di Indonesia masih belum nyaman sehingga banyak masyarakat yang lebih memilih untuk memakai mobil dan motor pribadi sebagai sarana transportasi untuk berpergian. 
  • Tingginya antusias dan daya beli masyarakat memberikan dampak terhadap bisnis jual beli mobil dan motor sehingga mendapatkan potensi yang menjanjikan. 
Sebelum mulai mejalankan bisnis ini, ada baiknya mengetahui beberapa cara yang perlu dilakukan , supaya nantinya bisa berjalan dengan lancar. Memiliki modal dan sabar saja tidak cukup, Anda diharuskan untuk memiliki pengetahuan atau hobi di bidang otomotif, seperti merk kendaraan dan spesifikasi mesin.

Analisa Bisnis Jual Beli Mobil dan Motor


Apabila Anda adalah salah satu orang yang suka dengan otomotif atau seseorang yang tertarik untuk menekuni bisnis jual beli mobil dan motor, Anda bisa memulainya dari sekarang. Berikut ini ada beberapa cara memulai bisnis jual beli mobil dan motor yang bisa Anda lakukan.

1. Cari Investor atau Pinjam ke Bank

Modal merupakan syarat utama yang harus Anda siapkan ketika hendak memulai suatu bisnis. Tanpa memiliki modal yang cukup, laju bisnis Anda pun akan mengalami kendala. Walaupun sebenarnya tidak semua bisnis membutuhkan modal besar, hal tersebut tentunya akan menjadi pertimbangan bagi calon pebisnis.

Jika Anda termasuk dalam calon pebisnis yang ingin membuka usaha baru tetapi belum memiliki modal yang cukup, Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan modal usaha yang diperlukan. Banyak alternatif yang dapat Anda lakukan, beberapa diantaranya adalah mencari investor dan meminjam ke Bank.

Investor adalah seseorang atau lembaga domestik atau non domestik yang melakukan investasi berupa penanaman modal sesuai jenis investasi yang telah dipilihnya, baik dalam jangka yang pendek atau jauh.

Alternatif lain yaitu dengan mengajukan pinjaman ke Bank, yang memang mempunyai persyaratan cukup rumit, tetapi jika Anda bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil yang baik. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah meyakinkan pihak Bank untuk memberikan pinjaman uang. Sebelum menyetujui pengajuan pinjaman nasabah, pihak Bank biasanya akan mempertimbangkan beberapa hal menyangkut data calon peminjam.

Anda dapat meyakinkan pihak Bank dengan merinci sejelas-jelasnya tujuan usahanya. Jelaskan pada pihak Bank bahwa jenis usaha yang Anda jalankan merupakan sebuah usaha yang mempunyai prospek yang bagus untuk masa mendatang.

Selain itu, jika memungkinkan Anda bisa ikut program pinjaman untuk para pengusaha yang sekarang ada di beberapa bank dan dapat mengajukan diri untuk menjadi mitra BUMN di lingkungan sekitar.

Untuk Anda yang ingin mencari investor pun juga tidak sulit. Anda bisa mengajak teman-teman yang satu tujuan dan tawarkan untuk bagi hasil. Cara lain adalah cari teman atau kerabat yang sedang menjual motor, kemudian mintalah untuk menaruh motornya di dalam bisnis Anda lalu tinggal carikan pembelinya.

2. Menjadi Makelar

Sebagai pemula, Anda bisa memulai bisnis jual beli mobil dan motor bekas ataupun baru tanpa modal dengan menjadi seorang makelar. Makelar adalah seseorang yang memiliki info tentang mobil atau motor yang akan Anda cari, entah karena makelar tersebut mempunyai kendaraan sendiri atau hanya sekedar modal info bahwa di suatu tempat ada kendaraan yang dijual.

Makelar yang sukses adalah yang mampu menghasilkan keuntungan kepada kedua belah pihak melalui solusi yang sama-sama menguntungkan bagi penjual, pembeli dan sang perantara. Seorang makelar tentunya tidak terlepas dari teknik dan strategi yang tepat, ketekunan serta kesabaran yang dimiliki.

Menjadi makelar adalah hal yang boleh saja dijalankan. Profesi ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan alternatif disamping pekerjaan utama. Dalam masyarakat banyak dijumpai orang-orang yang menjadi perantara dalam jual beli juga, yang memiliki pekerjaan utama sebagai petani, supir, tukang bangunan, wiraswasta dan lain-lain.

Tentunya dengan teknik dan cara yang tepat, seorang makelar bisa memperoleh penghasilan melalui penggunaan jasa yang dijalankan. Peluang menjadi makelar bisa diambil untuk siapapun yang berniat menjadi seorang perantara dan tidak terpaku pada siapa, kapan waktunya dan dimana. Bisnis ini bisa dijalankan oleh siapapun, baik muda atau tua, laki-laki atau perempuan dan bisa dilakukan pagi atau malam.

Jika Anda sudah menjadi makelar sukses yang berjalan lancar, uang komisi yang diterima bisa Anda tabungkan kemudian dijadikan modal untuk membeli mobil atau motor yang nantinya akan dijual kembali.

3. Riset Merk / Jenis Mobil dan Motor Berdasarkan Minat Konsumen


Sebelum menyiapkan menyiapkan mobil dan motor untuk dibeli maupun dijual kembali, sebaiknya melakukan riset terhadap merk dan jenis yang paling diminati konsumen yang juga merupakan cara yang harus Anda pahami. Banyak-banyaklah mencari informasi mengenai jenis mobil dan motor terkini melalui beberapa sumber, bisa dengan datang langsung ke showroom atau mencari data di internet.

Dari beberapa sumber, jenis mobil yang paling banyak diminati adalah Toyota avanza dan inova, Daihatsu xenia, Honda jazz dan Nissan grand livina. Untuk motor yaitu Yamaha mio J dan Honda vario. Namun, jika Anda menjual mobil dan motor yang kurang diminati konsumen akan berdampak pada modal yang tertanam lebih lama pada stock barang sehingga perputaran dana usaha Anda pun dapat terganggu.

Hal yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil atau motor baru atau bekas, salah satunya adalah pastikan Anda sudah memperhatikan kondisi fisiknya, mulai dari bodi, warna, lampu, power window, AC, power steering, performa mesin dan lain sebagainya.

Jika Anda kurang memahami secara jelas tentang seluk beluk mobil dan motor, sebaiknya Anda meminta bantuan mekanik mobil yang bisa dipercaya untuk dimintai pendapatnya sebelum Anda membeli.

4. Jaga Kondisi Mobil dan Motor Anda

Ada baiknya Anda mengecek kondisi mobil dan motor sebelum menjual dan membelinya. Perhatikan semua komponen yang ada pada mobil atau motor dan pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Jika Anda mau menjual tetapi ada masalah, segera perbaiki supaya tidak menyulitkan.

Memperbaiki kondisi mobil dan motor bukan berarti menutupi kekurangan yang ada. Tidak ada salahnya menyiapkan kondisi fisik mesin dalam keadaan terbaik agar calon pembeli pun tertarik. Memang dengan cara ini Anda akan mengeluarkan dana lebih untuk perbaikan, tetapi jika kondisi badan dan mesin yang mulus akan mendongkrak nilai jual kendaraan.

Bersihkan juga mobil dan motor Anda supaya terlihat lebih menarik dan memikat calon pembeli. Biasanya, mobil dan motor yang dijual dalam keadaan kotor tidak akan dilirik oleh calon konsumen. Selain mencuci bagian luarnya, Anda juga bisa memberikan polesan di bagian badan, pelek, lampu hinga ban.

5. Promosikan Mobil dan Motor Yang Anda Jual

Ketika menjual mobil dan motor, Anda harus menentukan dimana akan memasang iklan. Ada beberapa pilihan untuk memasang iklan yang bisa Anda ambil, antara lain di Koran, situs web online dan memajangnya di dekat jalan. Namun, penjualan melalui internet lebih disarankan karena memberikan dampak yang efisien dan efektif.

Lengkapi iklan Anda dengan sejumlah foto yang kualitasnya baik supaya calon pembeli tertarik. Ambil beberapa gambar dari sudut yang berbeda-beda, agar calon konsumen bisa melihat secara jelas kondisi mobil dan motor yang akan dijual.

Anda juga bisa memberikan keterangan yang lengkap, seperti spesifikasi, angka odometer serta riwayat dan masalah yang ada pada mobil dan motor. Jangan sampai Anda menyembunyikan masalah karena hal tersebut akan membuat konsumen kecewa. Sifat konsumen yang sangat memerlukan informasi banyak, mengharuskan Anda terbuka dan memberikan penjelasan apa adanya, sesuai dengan kondisi mobil dan motor yang akan Anda jual.

6. Tentukan Harga Mobil dan Motor

Setelah berhasil mengumpulkan beberapa data mengenai harga kendaraan dan kompetitornya, kini saatnya Anda menentukan berapa angka yang pas untuk dipasang sebagai harga jual beli.

Jika Anda ingin menjual kendaraan, seringkali Anda kebingungan dalam menentukan berapakah harga yang pas untuk dipasang sebagai harga jual beli. Apabila Anda salah memasang harga jual kendaraan, bisa-bisa tidak laku atau malah rugi karena memasang harga yang terlalu murah.

Menentukan harga jual mobil dan motor tidak bisa dianggap remeh, karena Anda mempunyai banyak pesaing yang juga menjual mobil dan motor baru atapun bekas. Cara terbaik dalam menentukan harganya yaitu dengan melihat harga pasaran yang sama dengan kendaraan yang akan dijual.

Jika sudah mengetahuinya, Anda tinggal menentukan harga. Harga mobil dan motor bisa diturunkan dari pasaran, apabila Anda membutuhkan uang segera. Tetapi, jika Anda mau menjual santai, alangkah baiknya tetap mempertahankan harga sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

7. Ketahui Konsep Transaksi Jual Beli Mobil dan Motor

Berbicara mengenai transaksi jual beli, tidak lepas dari konsep perjanjian mendasar yang termuat dalam Pasal 1313 KUH perdata yang menegaskan bahwa perjanjian merupakan suatu perbuatan yang mana satu orang atau lebih mengikat dirinya kepada satu orang lain atau istilah lain yaitu kesepakatan.

Kesepakatan berarti adanya penyesuaian kehendak dari pihak yang membuat perjanjian, sehingga ketika melaksanakan suatu perjanjian tidak boleh ada paksaan, kekhilafan dan penipuan.

Sebelum Anda membeli mobil dan motor bekas yang ingin dijual kembali, hal utama yang wajib diperhatikan adalah kelengkapan surat-suratnya, seperti STNK dan BPKB yang asli. Pahami juga masa pembayaran pajaknya karena hal ini berpengaruh besar kepada harga beli ataupun harga jual kembali mobil dan motor.

Apabila semua tidak ada masalah lagi, transaksi dapat dilakukan dengan disertai bukti pembayaran bermaterai dan fotocopy kartu identitas penjual. Hadirkan juga saksi untuk berjaga-jaga jika suatu saat muncul perselisihan yang berujung masalah hukum.

Jika Anda ingin membeli mobil dan motor baru di showroom juga harus teliti. Anda bisa melakukan pembelian dengan cash atau kredit. Proses pemesanan antara cash dan kredit pun sama, apabila Anda sudah memberikan uang tanda jadi dan mobil atau motor belum siap di showroom, Anda tidak usah buru-buru untuk melakukan pelunasan pembayaraan.

Tunggu sampai mobil dan motor yang Anda pesan siap secara nomer rangka dan nomer mesin. Kemudian, anda bisa melakukan pelunasan pembayaran. Untuk pengambilan STNK dan BPKB pun jika pembelian cash, biasanya paling cepat 2 bulan dan jika dengan credit bisa diambil setelah 3 bulan.

8. Penyediaan Ruang Showroom
Showroom merupakan tempat untuk memamerkan produk seperti mobil dan motor yang memiliki fungsi untuk meningkatkan pemasaran. Showroom ada yang bersifat permanen, seperti di dealer yang menjual mobil dan motor atau showroom dengan sifat yang sementara yang hanya dibuat ketika pameran saja.

Anda pasti berpikir bahwa menyewa tempat untuk dijadikan showroom pasti membutuhkan biaya yang banyak. Padahal ternyata, jika Anda memiliki modal terbatas juga dapat membuka showroom mobil dan motor, dengan cara memanfaatkan rumah Anda sendiri. Jika rumah Anda kurang luas, carilah kenalan yang mempunyai halaman rumah yang luas dan tawarkan untuk kerja sama bagi hasil.

9. Utamakan Kepuasan Pelanggan

Hal lain yang terpenting dalam bisnis ini adalah selalu utamakan kepuasan pelanggan dengan pelayanan prima. Prinsip dari pelayanan prima berupa kegiatan pemasaran yang bisa dipahami sebagai pedoman bagi penjual untuk melaksanakan kegiatan yang membuat kepuasan bagi para konsumennya.

Dengan prinsip pelayanan prima ini, Anda akan diarahkan dalam pencapaian tujuan yang ingin dicapai, terutama untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Pelayanan prima merupakan kemampuan maksimum seseorang melalui sentuhan kemanusiaan dalam melayani orang lain.

Istilah lain dari pelayanan prima yaitu upaya maksimum yang mampu diberikan oleh para penjual mobil dan motor dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan, untuk mencapai suatu kepuasan dan memberikan bertujuan untuk memenangi persaingan yang ada dalam bisnis ini.

Beberapa tujuan utama dari pelayanan prima, yaitu untuk menimbulkan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan. Dengan begitu, Anda diharuskan untuk selalu jujur dan ramah terhadap setiap konsumen yang akan membeli mobil atau motor. Untuk menjaga supaya konsumen merasa dipentingkan dan diperhatikan dengan cara pendekatan. Selain itu, selalu mempertahankan pelanggan supaya tetap setia membeli dan menggunakan mobil atau motor yang Anda jual.

Berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda sesuai dengan kebutuhan apa yang sedang mereka cari. Pelanggan yang puas biasanya akan langsung mempromosikan showroom Anda ke rekan-rekannya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, apabila suatu saat nanti mereka akan menjadi investor Anda.

10. Beli Mobil dan Motor Tanpa Uang

Cara yang satu ini juga merupakan strategi dalam mengelola keuangan untuk modal dalam bisnis. Jika Anda beruntung bisa mempunyai usaha rental mobil dan motor dengan modal yang telah disediakan Bank. Memang sekarang banyak bisnis rumahan rental mobil dan motor yang terkenal dengan banyak armada dan tentunya telah berhasil untuk mempraktekkan cara ini.

Umumnya mereka membeli mobil dan motor dengan biaya dari pihak ketiga, yaitu leasing, Bank dan penyewa mobil rentalan. Bisnis rumahan ini adalah bisnis sampingan yang menguntungkan karena dapat dibilang tanpa modal, karena modal utama untuk langkah awal memulainya hanya keberanian dan tekad.

Perlu diingat, bahwa untuk mendapatkan pinjaman Bank tentu bukan hal yang mudah. Apalagi, Anda yang masih belum mempunyai bisnis tetap pasti akan tidak kredibel di mata Bank. Pihak Bank pasti akan memberikan besaran pinjaman kredit sesuai dengan kemampuan bayar cicilan dan nilai jaminannya.

Inilah yang bisa disiasati dengan cara beli mobil dan motor tanpa uang, bahkan bisa mendapatkan keuntungan besar. Berikut ada beberapa langkah yang bisa Anda pahami dan ikuti sebagai berikut:
  • Mulailah dengan mencari mobil dan motor baru ataupun bekas yang kondisinya masih baik, kemudian belilah secara kredit. Keuntungan Anda jika memilih kredit adalah konsumen tidak perlu menabung atau mengumpulkan uang dalam nominal banyak karena pembayarannya dilakukan melalui cicilan per bulan. Keuntungan lain dari kredit yaitu konsumen akan memiliki asuransi, dengan begitu mobil dan motor akan menjadi lebih aman. Selain itu, keuntungan dari membeli mobil dan motor melalui kredit akan memberikan persyaratan yang mudah. 
  • Mobil dan motor dibisniskan untuk rental. Pendapatan dari usaha sewa ini dapat digunakan untuk membayar angsuran bank. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa kunci sukses untuk menjalani usaha rental mobil dan motor, diantaranya yaitu Anda harus menjalani relasi yang banyak dengan segala kalangan masyarakat sipil ataupun masyarakat lain. Dengan begitu, usaha ini bisa berhasil karena para relasi akan mempromosikan usaha Anda. 
  • Mempromosikan bisnis Anda juga bisa membantu dan berdampak baik bagi perkembangannya. Bisa menggunakan promosi secara konvensional ataupun promosi melalui media online atau media sosial di internet, baik secara gratis atau berbayar. Salah satu cara paling efektif dan efisien jika ingin beriklan adalah menggunakan jasa periklanan dari Google Adwords
  • Ketika berhasil menjual mobil dan motor Anda, gunakan uang tersebut untuk membeli 2 mobil dan motor lagi, tentunya dengan menggunakan kredit juga. Alasan untuk membeli lagi supaya perputaran uang semakin kencang dan armada rental pun akan bertambah banyak. 
  • Kreativitas diperlukan untuk membeli 2 mobil dan motor tersebut, dengan cara mobil dan motor pertama dibeli dengan DP yang besar agar angsurannya pun kecil. Sedangkan mobil dan motor kedua diberikan DP yang kecil supaya masa angsurannya panjang. Setelah pembelian yang pertama lunas, jual dan belikan mobil dan motor lagi dengan cara kredit juga. 

Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman Bisnis Jual Beli Mobil dan Motor


Apakah Anda sudah memahami beberapa cara memulai bisnis jual beli mobil dan motor yang telah saya jelaskan diatas ? Jika sudah, dibawah ini ada beberapa penjelasan tambahan mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam keterampilan menjual dan membeli mobil atau motor yang dapat memberikan Anda referensi sebelum memulai usaha ini, agar niat dan strateginya menjadi lebih matang.

#Kekuatan (Strength)

Bagi Anda yang memiliki jiwa keterampilan dalam jual dan beli, bisnis ini bisa dikatakan cocok. Sebab salah satu cara untuk menjalankan bisnis jual beli mobil dan motor ini adalah dengan mengandalkan kekuatan Anda dalam memasarkan produk, mencari pelanggan dan memahami barang. Keahlian menjual Anda jika dikelola dengan baik bisa menghasilkan bisnis yang berjalan lancar serta mendatangkan keuntungan berlipat ganda.

#Kelemahan (Weakness)


Keterampilan menjual dan membeli harus diasah setiap saat. Terutama, jika Anda tidak pernah mau meningkatkan keterampilan dalam menjual mobil dan motor, maka Anda tidak akan pernah bisa menjual produk dengan harga yang lebih mahal. Kelemahan ini dapat Anda antisipasi dengan selalu mengasah keterampilan lebih tinggi lagi dari sebelumnya.

#Peluang (Opportunity)

Bisnis jual beli mobil dan motor baru atau bekas memberikan Anda peluang untuk menjadi sukses. Bisnis ini sebenarnya tidak memerlukan skill atau ilmu yang rumit, dan jika Anda pemula juga bisa berjalan sambil belajar. Hanya saja Anda tetap memerlukan kejelian dalam mencari kendaraan baik itu bekas atau baru.

Banyak sekali peluang yang bisa di dapatkan apabila Anda berhasil menjalankan bisnis jual beli mobil dan motor ini. Beberapa peluangnya yaitu, mendapatkan pengetahuan otomotif secara jelas serta mendapatkan keuntungan yang besar. Peluang dalam membeli mobil dan motor pun juga ada, berupa pemahaman tentang kondisi kendaraan yang akan dibeli sehingga Anda tidak salah dan tidak akan rugi.

#Ancaman (Treat)

Apabila Anda menjalankan bisnis dengan cara menyimpang, seperti berbohong, tidak jujur dan curang, maka bisnis Anda pun tidak akan berjalan dengan baik. Hal-hal tersebut merupakan suatu ancaman yang akan membuat para pelanggan tidak percaya lagi dan tidak jadi membeli mobil atau motor Anda.

Ancaman dalam membeli mobil dan motor pun muncul apabila Anda membayar kendaraan tersebut dengan kredit, jangan sampai Anda terlambat membayar karena nantinya akan merugikan penjual dan Anda sendiri. Jangan sampai Anda di cap oleh penjual sebagai penipu, maka selalu bayarlah cicilan dengan tepat waktu.

Kesimpulan:

Itulah beberapa cara untuk memulai bisnis jual beli mobil dan motor yang bisa dijalankan. Anda harus tetap optimis jika ingin merintis bisnis yang berpeluang besar, jangan sampai terpacu untuk menekan harga kemudian kehilangan kemampuan dalam menilai secara objektif terhadap kualitas dan pasar. Jika anda mencari analisa usaha sejenis ini, saya merekomendasikan untuk membaca analisa modal dan keuntungan usaha travel. Semoga bermanfaat.

ADVERTISE