Memasuki bisnis travel adalah salah satu cara yang baik yang bisa Anda pilih sebagai sarana untuk mendapatkan pemasukan sampingan/tambahan ataupun pendapatan utama. Dunia travel yang luas memungkinkan Anda untuk memilih apakah Anda ingin menjalankan bisnis travel secara langsung (dari proses pemesanan tiket hingga pemandu wisata) ataupun hanya bisnis pemesanan tiket saja.

Tidak hanya dua fokus utama tersebut, dunia bisnis travel juga memungkinkan para pebisnis untuk menentukan hal lain. Misalnya seperti apakah Anda akan menyediakan paket perjalanan wisata tanpa batasan ataupun dengan batasan tertentu yang sudah dipilih.

Jenis bisnis travel apapun yang Anda pilih tetap mengharuskan Anda dan pebisnis travel lainnya memiliki strategi dan struktur bisnis yang baik. Lebih dari itu, bisnis ini juga sangat memungkinkan Anda untuk mendapat uang selagi berwisata mengunjungi tempat baru bersama dengan sesama traveller.

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh pebisnis travel pemula adalah terlalu banyak mencari informasi dari berbagai sumber yang berbeda. Mereka menghabiskan banyak sekali waktu hanya untuk "belajar" tanpa disertai dengan pergerakan.

Kiat pertama untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses adalah keberanian memulai sesuatu. Tidak salah jika Anda ingin mempelajarinya secara dalam, namun akan lebih baik jika sambil dilakukan secara praktek atau learning by doing. Pasalnya banyak sekali informasi dan kejadian yang tidak bisa Anda temukan dari buku atau cerita orang lain, melainkan dari pengalaman Anda sendiri.

Strategi Bersaing Dalam Bisnis Travel


Pada dasarnya beberapa cara dan strategi bisnis travel yang wajib Anda perhatikan adalah sebagai berikut :

1. Ikuti Pelatihan Dan Bangun Jaringan Kerja Sama

Cukup ikuti satu atau dua pelatihan mengenai bisnis travel, namun lakukan dengan benar-benar serius. Event pelatihan biasanya memperkenalkan Anda ke berbagai jenis penyedia aplikasi pemesanan tiket, reservasi software hingga agen untuk membantu proses legalitas bisnis travel Anda.

Coba berkenalan dengan pihak terkait yang Anda temui dan butuhkan di event pelatihan tersebut. Ada kemungkinan juga hadir pihak-pihak maskapai penerbangan yang menawarkan kerja sama dengan pebisnis travel. Bentuk kerja sama yang disepakati tentu akan memberikan Anda keuntungan besar. Misalnya saja harga khusus untuk tiket moda transportasi, penginapan, hingga ke tiket masuk tempat wisata.

Pelatihan ini wajib Anda ikuti untuk mengetahui dasar-dasar bisnis travel. Anda bisa kesulitan menjalankan jenis bisnis ini tanpa dasar informasi karena banyak sekali hal yang harus Anda kuasai seperti kemampuan pemesanan tiket, bahasa, wawasan mengenai tempat wisata (termasuk kuliner halal misalnya), waktu-waktu krusial (high season dan low season), hotel atau sarana penginapan, sarana transportasi di daerah wisata, mata uang daerah wisata dan masih banyak lagi.

2. Buat Kantor Dan Website Bisnis

Jika Anda belum memiliki dana yang cukup untuk menyewa ruko misalnya, Anda bisa menggunakan satu ruang khusus di rumah untuk dijadikan ruang bekerja. Selain itu, buatlah website untuk bisnis Anda mengingat saat ini semua orang mencari informasi melalui jaringan internet.

Kantor dan website merupakan bukti fisik bisnis Anda. Kehadiran fisik ini akan memberikan kepercayaan kepada masyarakat mengenai bisnis Anda untuk menghindari kemungkinan rasa tidak percaya dari masyarakat. Jangan lupa, Anda memerlukan peralatan seperti laptop/komputer, printer, telepon dan bahkan mesin fax untuk menjalankan keseluruhan proses transaksi dan bisnis.

Dalam perjalanannya, minta agar para pelanggan yang pernah menggunakan jasa travel Anda untuk memberikan review baik di website maupun media sosial. Walaupun terlihat sepele, namun sebenarnya review seperti ini sangat dibutuhkan oleh calon pelanggan lain dalam membuat keputusan. Masyarakat lebih percaya dengan penilaian pelanggan sebelumnya daripada hanya kata-kata promosi tim marketing Anda.

3. Pelajari Kondisi Pasar

Ketika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis travel, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah memberikan layanan berkualitas maksimal kepada pelanggan mengingat bisnis ini bergerak di bidang jasa.

Ini artinya, Anda harus melakukan riset dan mempelajari pasar untuk mengetahui layanan travel apa yang banyak dan sedang dibutuhkan dan juga sesuaikan dengan kemampuan Anda sendiri.

Lihat apakah pasar menginginkan agensi travel yang menyediakan paket wisata yang sederhana atau malah mewah ? Cari tahu negara dan tempat wisata mana saja yang banyak diminati saat itu, termasuk cari tahu juga siapa pesaing terbesar Anda di bidang yang sama.

4. Buat Merek Bisnis Semenarik Mungkin

Setelah mengenal dengan baik pasar dan juga target pelanggan Anda, tugas selanjutnya yang harus dilakukan adalah membangun merek atau brand bisnis travel Anda. Hal ini sangat diperlukan mengingat dunia bisnis travel sangatlah kompeitif.

Memiliki identitas bisnis yang kuat membantu bisnis Anda berkembang pesat. Pikirkan hal apa yang ingin agar pelanggan Anda rasakan ketika mereka membuka website atau memasuki kantor dan menggunakan layanan travel Anda. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan misalnya :

Spesifikasi lebih jauh layanan travel misalnya travel khusus wisata kuliner, wisata bulan madu, wisata keluarga, wisata bersejarah dan sebagainya.

Berikan layanan menarik dengan bekerja sama dengan penduduk lokal suatu daerah tertentu yang memiliki destinasi wisata yang jarang dikunjungi oleh agensi travel lainnya "Mendandani" brand Anda dengan logo, warna, tagline serta brand ambassador (opsional) yang menarik perhatian

5. Promosi

Bisnis travel yang baru saja Anda mulai akan "tenggelam" jika tak segera dipromosikan mengingat banyaknya jumlah kompetitor yang ada.

Ikuti perkembangan zaman yang ada dan gunakan strategi promosi yang modern. Walaupun tidak salah jika Anda ingin mencetak brosur, poster ataupun memasang iklan di media cetak, namun semua hal tadi jauh lebih membutuhkan biaya yang besar daripada promosi secara online.

Memiliki website bisnis adalah sebuah keuntungan besar, mengapa ? Melalui website, Anda bisa beriklan menggunakan Google Adword misalnya. Anda juga bisa membuat konten-konten yang berhubungan dengan travel, sehingga jika ada orang yang mencari informasi mengenai travel maka besar kemungkinan halaman website Anda akan muncul di mesin pencari. Pastikan konten Anda dibuat dengan SEO (Search Engine Optimization) yang baik.

Cara lain yang mudah dan murah untuk promosi adalah melalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan juga Twitter. Buat akun khusus bisnis Anda, posting foto dan juga video atau tulisan semenarik mungkin untuk menarik perhatian follower dan pengguna. Jalin komunikasi yang baik dengan follower dan usahakan untuk menjawab semua pertanyaan mereka walaupun Anda sudah mencantumkan kontak informasi. Berikan promo khusus bagi follower Anda seperti diskon atau paket perjalanan super murah.

Selanjutnya tentang strategi pemasaran online bisa anda baca pada artikel sebelumnya.

6. Layanan Terbaik

Bantu selalu kebutuhan perjalanan pelanggan, mulai dari proses pemesanan tiket, perjalanan, hingga mereka kembali dari liburan. Informasikan mengenai tempat untuk menukar mata uang yang baik, perlengkapan yang wajib dibawa saat berwisata, spot untuk foto yang indah, rekomendasi kuliner setempat, lokasi berbelanja oleh-oleh, cara untuk membeli paket internet sesuai daerah wisata dan sebagainya.

Selain itu, jika Anda mendampingi ketika tur, ajak pelanggan berbincang dengan santai dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan mereka (tidak hanya mengantar dan jemput saja). Semua hal itu merupakan bentuk layanan jasa yang akan disukai oleh pelanggan.

Kemudian, disarankan agar Anda pandai berkomunikasi dengan bahasa lain, atau setidaknya bahasa Inggris. Ingat, pelanggan Anda bisa jadi merupakan warga negara asing. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang cukup atau bahkan mahir (lebih baik) akan sangat memberikan Anda keuntungan. Kemampuan ini juga berguna ketika Anda mendampingi tur ke negara lain yang berbeda bahasa. Lakukan percakapan menggunakan bahasa Inggris (bahasa internasional) jika Anda membutuhkan sebuah informasi dari warga lokal.

ADVERTISE