Seorang pekerja keras yang kreatif akan selalu memutar otak untuk mencari cara bagaimana agar bisa menjadi sukses. Orang dengan tipe seperti ini pada umumnya tidak hanya puas hanya dengan mendapat upah bulanan dari pekerjaan yang mereka lakukan. Mereka ingin agar bisa mandiri karena usaha sendiri, salah satu caranya adalah dengan berbisnis.

Mungkin Anda juga merupakan seorang pribadi seperti tersebut. Anda ingin menjadi seorang pebisnis yang sukses. Namun alasan utama banyak orang mengurungkan niat membuka usaha sendiri adalah karena tidak memiliki modal. Jangan pernah membiarkan faktor modal menghalangi niat Anda untuk mulai berbisnis.

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan dengan modal minim, salah satunya adalah berjualan pulsa. Pemakaian gadget yang terus meningkat saat ini secara otomatis mendorong kesuksesan para penjual pulsa. Mudahnya bisnis berjualan pulsa mulai dilirik dan digeluti oleh banyak orang karena penghasilannya yang dapat dibilang cukup dan sangat menguntungkan jika dijalani dengan serius. Bahkan mahasiswa atau anak sekolah pun bisa menjalankan bisnis ini.

Tertarik untuk mencoba berbisnis menjual pulsa ? Baca trik dan strategi bersaing dalam bisnis pulsa berikut ini :

1. Offline Atau Online

Sebelum mulai menjalankan bisnis jualan pulsa, tentukan dulu Anda ingin berjualan secara offline atau online. Jika memilih offline, tentunya Anda membutuhkan setidaknya satu kios kecil untuk mengoperasikan bisnis. Namun Anda hanya membutuhkan modal satu atau dua handphone jika mau menjual pulsa secara online.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan jika memutuskan untuk berjualan offline adalah lokasi kios. Cari kios di tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan, sekitar universitas, kos-kosan, atau mungkin pasar. Banyak calon pembeli dan pelanggan kios Anda di sejumlah lokasi tersebut. Buat dan pasang banner atau spanduk yang mencolok. Cantumkan nominal dan harga pulsa yang Anda tawarkan sehingga masyarakat bisa melihat perbandingan harga dengan toko lain.

Kemudian jika memutuskan berjualan pulsa secara online, Anda bisa memulai dengan memperkenalkan bisnis ke keluarga dan teman-teman. Lambat laun berita mengenai bisnis Anda pun akan tersebar ke orang lain. Setelah itu Anda bisa memulai promosi online melalui media sosial.

2. Pilih Server Pulsa

Pembeli tidak akan kembali ke kios Anda jika pulsa yang dibeli terlambat masuk. Anda wajib untuk mencari dan mempelajari server pulsa yang memiliki kualitas bagus.

Baca review pedagang lain di internet atau bertanya kepada sesama pedagang pulsa untuk meminta rekomendasi. Pastikan server pulsa yang Anda pilih memiliki layanan yang baik, sistem server yang tak mengalami gangguan, dan kecepatan mengirim pulsa kepada konsumen. Bandingkan juga beberapa server pulsa yang Anda pilih untuk melihat kekurangan dan kelebihan masing-masing, kemudian pilih server yang paling cocok untuk bisnis Anda. Beberapa hal itu sangat mempengaruhi kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda.

3. Survei Harga Kompetitor

Keuntungan awal yang didapatkan dari bisnis jualan pulsa memang tidak banyak, karena itulah Anda harus rajin dan tekun menjalani bisnis ini. Agar kios Anda dilirik banyak orang, coba lakukan survei terhadap kompetitor.

Anda bisa berpura-pura menjadi pembeli dan melihat harga pulsa yang ditawarkan dan bandingkan dengan harga yang Anda dapat dari dealer pulsa. Penting untuk menawarkan harga sedikit lebih murah dibandingkan dengan kompetitor. Jangan sampai harga yang Anda tawarkan jauh lebih mahal dibandingkan dengan kios lain yang ada di sekitaran.

Jika tak memungkinkan untuk memberikan harga lebih murah, ada cara lainnya untuk bersaing dengan kompetitor, yaitu memberikan pelayanan yang lebih baik dan berkualitas. Misalnya, jangan hanya menjual pulsa dari satu atau dua dan tiga operator saja. Pastikan Anda menyediakan pulsa untuk semua operator telepon. Kemudian Anda juga bisa memberikan promo misalnya gratis pulsa Rp 5.000,- untuk setiap 10 kali transaksi pembelian dengan nominal tertentu. Coba berpikir kreatif untuk memuaskan pelanggan.

4. Selalu Siap Layani Pelanggan

Tak jarang ada orang yang membutuhkan pulsa mendadak, seperti pada waktu tengah malam. Misalnya saja mahasiswa yang kehabisan paket internet untuk mengerjakan tugas, atau ada orang yang sedang dalam keadaan emergency. Orang-orang seperti itu akan bingung mencari tempat yang menjual pulsa karena minimarket pun sudah tutup. Saat-saat seperti inilah bisnis Anda akan membantu mereka.

Coba informasikan nomor pribadi kepada pelanggan yang biasa membeli pulsa dari kios Anda. Beritahu bahwa mereka bisa membeli pulsa dari Anda tanpa harus pergi ke konter karena sudah malam. Manfaatkan kondisi ini untuk mendapat keuntungan sekaligus kepercayaan pelanggan.

5. Jangan Biarkan Orang Minta Hutang

Anda boleh saja memberikan hutang kepada orang-orang tertentu, namun tahukan Anda bahwa ini adalah salah satu penyebab utama banyak penjual pulsa yang merugi dan akhirnya gulung tikar ? Memang benar, pelanggan lebih senang membeli pulsa di tempat yang bisa dihutangi, namun hal ini bisa sangat merugikan bisnis Anda.

Walaupun tidak enak jika menolak orang yang mau berhutang (apalagi ke teman), belajar untuk menolak dengan halus dan beri penjelasan dengan baik kepada mereka. Sebagai seorang pebisnis yang profesional, Anda harus bisa memberikan batasan yang tegas.

Jika memang ada orang yang terpaksa berhutang, berikan batas maksimal waktu untuk membayar. Anda juga bisa memberlakukan sistem cicilan jika jumlah pulsa yang dibeli cukup besar. Lakukan hal ini agar pelanggan juga terlatih disiplin dan tak seenaknya.

6. Atur Keuangan Dengan Baik

Tidak ada bisnis yang sukses tanpa pengaturan keuangan atau finansial, baik itu bisnis besar atau kecil-kecilan. Sebagai awal mula, pisahkan uang pribadi dengan uang keuntungan serta modal bisnis pulsa. Jangan pernah mengambil uang modal atau hasil untung untuk keperluan pribadi setiap saat. Tabung hasil keuntungan Anda di bank dan gunakan dengan bijaksana.

Begitu pula dengan uang pribadi agar jangan digunakan untuk terus-terusan membeli modal pulsa. Atur manajemen keuangan bisnis dengan baik, atur seluruh arus uang keluar dan masuk. Dengan begitu Anda memiliki pencatatan jelas mengenai total pendapatan dan keuntungan Anda. Lakukan manajemen ini untuk membiasakan diri Anda sehingga tidak "kaget" ketika bisnis berkembang nantinya.

7. Buat Banyak Rekening Bank

Banyak orang yang malas untuk membayar secara langsung, apalagi jika membeli secara online. Oleh karena itu pastikan Anda memiliki akun rekening sejumlah bank besar, seperti BCA, Mandiri, BRI dan BNI. Dengan cara ini pelanggan akan lebih fleksibel untuk membayar lewat transfer bank tanpa terkena potongan karena berbeda bank.

8. Diskon Untuk Pelanggan Setia

Berikan penghargaan berupa potongan harga pada pelanggan yang setia membeli pulsa dari Anda. Hargai kepercayaan pelanggan setia dengan diskon khusus hanya untuk mereka. Cara ini sangat manjur untuk mempertahankan pelanggan.

Sebagai timbal balik, minta mereka untuk sesekali memberikan review mengenai bisnis Anda, melalui media sosial contohnya. Atau minta pelanggan agar merekomendasikan kios Anda ke keluarga dan kenalan mereka agar semakin banyak orang yang mengetahui bisnis Anda.

9. Terima Reseller Atau Downline

Jika bisnis pulsa Anda sukses, informasikan bahwa Anda menerima reseller atau downline. Walaupun Anda harus memberikan lebih murah ke reseller, namun hal itu tak menjadi masalah sebab akan ada semakin banyak pemasukan yang Anda dapatkan. Semakin banyak reseller yang Anda miliki, semakin besar pula pendapatan Anda. Seperti kata pepatah, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

10. Tambah Varian Produk

Tak jarang orang yang membeli pulsa juga berminat untuk membeli nomor baru atau kartu perdana. Agar mendapat semakin banyak keuntungan, Anda juga bisa menjual kartu perdana di kios. Pajang dan tawarkan kepada setiap pembeli karena biasanya operator selalu memiliki promo-promo baru untuk nomor perdana baru.

Itu dia beberapa strategi bersaing dalam bisnis pulsa. Kini Anda bisa mulai mencobanya di rumah dan menjadi seorang pebisnis. Jalani dengan tekun dan niat maka bisnis ini bisa menjadi sumber pemasukan utama Anda.

ADVERTISE